LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA |
Written by ERVITA |
Monday, 20 June 2011 13:05 |
A. Landasan Yuridis
B. Landasan Kultural
C. Landasan Historis
D. Landasan Filosofis
A. LANDASAN YURIDIS
1.
UUD 1945, pasal 31 : wn punya hak akan pengajaran à negara punya wajib
menentukan sistem pengajaran nasional. Ps 31 uud 45 ini belum
operasional.
2.
Tap MPR (tentang grdaskan bangsa dan peningkatbhn), lebih bersifat
operasional, is ttg arah penddk. Nasional à mencean kualitas sdm .
A. Intelektual (iq) à makul. Keahlian
B. Emosional/mentalitas (sq, eq) à makul. Pengemb. Kepribadian (p.panc., p.agama, pkn)
3. UU ttg sisdiknas ( uu ri no.30 th.2003 )
Kesimpulan :
Pendidikan
Pancasila untuk meningkatkan kualitas mental/emosional, yg tdk instan
langsung jadi, maka butuh waktu/proses, sehingga pendidikan Pancasila
juga diberikan secara kontinu dalam semua jenjang pendidikan.
B. LANDASAN KULTURAL
Pancasila sebagai kristalisasi budaya indonesia. Wujud budaya berupa konsep, aktivitas, dan benda.
Budaya: hasil budi daya manusia à manusia berkembang à budaya
juga berkembang à shg pancasila sbg budaya juga berkembang, selalu dlm proses.
Dengan
budaya manusia ingin meningkatkan harkat martabatnya à pancasila sbg
budaya dpt meningkatkan harkat martabat bgs indonesia.
C. LANDASAN HISTORIS
Proses
perumusan Pancasila tidak mulus tetapi selalu diiringi dengan banyak
konflik dan perbedaan. Yg patut diacungi jempol adalah para pemimpin
bangsa saat itu dapat mensikapi seluruh konflik dan perbedaan tersebut
scr bijak.
a. Nilai-nilai kesejarahan perlu diteruskan pada generasi berikutnya.
b. Dalam proses kesejarahannya bgs ind. Terdapat perennial problem
c. Untuk menjadi bangsa yg selalu lebih , harus mengetahui apa dan bagaimana proses sebelumnya.
D. LANDASAN FILOSOFIS
Pancasila sbg philosophycal way of thinking-nya manusia indonesia. Manusia memiliki hakikat sbg makhluk monopluralis.
a. Susunan kodrat à jiwa dan raga
b. Sifat kodrat à individu dan sosial
c. Kedudukan kodrat à makhluk pribadi mandiri dan makhluk tuhan
Yang perlu diperhatikan:
a. Keberadaan unsur-unsur tsb tetap
b. Perwujudan unsur-unsur tsb dinamis
c. Manusia itu kompleks dan dinamis à berkembang (proses)
Konsekuensinya terhadap Pancasila :
a. Keberadaan nilai-nilai dasar pancasila tetap
b. Perwujudan nilai-nilai dasar pancasila dinamis
c. Nilai-nilai pancasila mengalami suatu perkembangan, masih selalu dlm proses.
à dibutuhkan SDM yang berkualitas à pendidikan pancasila tidak mudah, berfungsi ganda :
a. Sebagai transfer of knowledge
b. Sebagai transfer of value
Agar fungsi tersebut dapat berperan :
a. Keteladanan
b. Komunikasi yg efektif
c. Aktivitas bersama
|
Last Updated on Monday, 20 June 2011 13:19 |
ReplyDeleteLegendaQQ.Net
Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
Min Depo 20Rb !!!
Kartu Para Sang LEGENDA !!!
WinRate Tertinggi !!!
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ
Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!
Contact Us :
+ live chat : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9