Thursday, March 21, 2013

LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA

LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA PDF Print E-mail
Written by ERVITA   
Monday, 20 June 2011 13:05

A.     Landasan Yuridis
B.     Landasan Kultural
C.     Landasan Historis
D.     Landasan Filosofis

A.         LANDASAN YURIDIS
1.             UUD 1945, pasal 31 : wn punya hak  akan pengajaran à negara punya wajib menentukan sistem pengajaran nasional. Ps 31 uud 45 ini belum operasional.
2. Tap MPR (tentang grdaskan bangsa dan peningkatbhn), lebih bersifat operasional, is ttg arah  penddk. Nasional à mencean kualitas sdm .
A.    Intelektual (iq) à makul. Keahlian
B. Emosional/mentalitas (sq, eq) à makul. Pengemb. Kepribadian (p.panc., p.agama, pkn)
3. UU ttg sisdiknas ( uu ri no.30 th.2003 )

Kesimpulan :
Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan kualitas mental/emosional, yg tdk instan langsung jadi, maka butuh waktu/proses, sehingga pendidikan Pancasila juga diberikan secara kontinu dalam semua jenjang pendidikan.


B.         LANDASAN KULTURAL
Pancasila sebagai kristalisasi budaya indonesia. Wujud budaya berupa konsep, aktivitas, dan benda.
Budaya: hasil budi daya manusia à manusia berkembang à budaya
juga berkembang à shg pancasila sbg budaya juga berkembang, selalu dlm proses.
Dengan budaya manusia ingin meningkatkan harkat martabatnya à pancasila sbg budaya dpt meningkatkan harkat martabat bgs indonesia.

C.         LANDASAN HISTORIS
Proses perumusan  Pancasila tidak mulus tetapi selalu diiringi dengan banyak konflik dan perbedaan. Yg patut diacungi jempol adalah para pemimpin bangsa saat itu dapat mensikapi seluruh konflik dan perbedaan tersebut scr bijak.
a.              Nilai-nilai kesejarahan perlu diteruskan pada generasi berikutnya.
b.             Dalam proses kesejarahannya bgs ind. Terdapat perennial problem
c.              Untuk menjadi bangsa yg selalu lebih , harus mengetahui apa dan bagaimana proses sebelumnya.

D.      LANDASAN FILOSOFIS
Pancasila sbg philosophycal way of thinking-nya manusia indonesia. Manusia memiliki hakikat sbg makhluk monopluralis.
a.         Susunan kodrat à jiwa dan raga
b.         Sifat kodrat à individu dan sosial
c.         Kedudukan kodrat à makhluk pribadi mandiri dan makhluk tuhan

Yang perlu diperhatikan:
a.                Keberadaan unsur-unsur tsb tetap
b.               Perwujudan unsur-unsur tsb dinamis
c.                Manusia itu kompleks dan dinamis à berkembang (proses)
Konsekuensinya terhadap Pancasila :
a.              Keberadaan nilai-nilai dasar pancasila tetap
b.             Perwujudan nilai-nilai dasar pancasila dinamis
c.              Nilai-nilai pancasila mengalami suatu perkembangan, masih selalu dlm proses.

à dibutuhkan SDM yang berkualitas à pendidikan pancasila tidak mudah, berfungsi ganda :
a.         Sebagai transfer of knowledge
b.        Sebagai transfer of value

Agar fungsi tersebut dapat berperan :
a.        Keteladanan
b. Komunikasi yg  efektif
c. Aktivitas  bersama
Last Updated on Monday, 20 June 2011 13:19

No comments:

Post a Comment